PRINSIP FARDHU KIFAYAH AS-SUNNAH BUNTOK


Prinsip paling mendasar fardhu kifayah As-Sunnah Buntok adalah melaksanakan tuntunan Rasulullah SAW semaksimal mungkin walapun menyalahi adat / kebiasaan ummat Islam Buntok pada umumnya.


Dalam penyelenggaraannya dipegang ketentuan:
1. Pengurusan jenazah (memandikan/mengkafankan) diutamakan oleh keluarga jenazah atau sesuai amanah. Proses pemandian terbatas, bukan tontonan umum.
2. Mayat disholatkan di rumahnya atau di tempat yang paling memungkinkan.
3. Mayat dikubur tanpa peti mati dan hanya memakai kain kafan. Ini bertentangan dengan tradisi umat Islam Buntok yang selalu memakai peti mati.
4. Lobang makam memakai lahat di sebelah qiblat. Ini tidak sesuai dengan kebiasaan.
5. Tidak memakai 2 (dua) nisan, apalagi berukir dan dihias atau diberi nama. Kubur hanya ditandai dengan satu tanda di bagian kepala.
6. Makam dilarang dibangun atau disemen, apalagi untuk kemewahan. Kuburan juga dilarang dijadikan tempat duduk.
7. Tidak mengizinkan wanita ikut penguburan / mengantar jenazah. Disadari hal ini bertentangan dengan adat ummat Islam Buntok.
8. Keluarga jenazah dijamin makanannya selama hari duka. Hal ini bertentangan dengan adat        masyarakat dimana keluarga mayit harus membuatkan makanan selamatan untuk acara turun tanah, tiga hari, tujuh hari dan sebagainya.
9.  Mengusahakan tanah pemakaman sendiri sehingga kuburan diatur rapi dalam shaf dan dibuatkan pagar terkunci sehingga meniadakan fitnah seperti membangun kubah, mengaji di kuburan, memasang kain kuning dan lain-lain kerusakan.
10. Bagi masyarakat yang menyerahkan penyelenggaraan fardhu kifayah kepada As-Sunnah  dapat dibuatkan Surat Pernyataan Tidak Keberatan Keluarga. 
11. Pelaksanaan seluruh kegiatan fardhu kifayah sepenuhnya hanya taat kepada hukum Islam sehingga tidak terkait dengan golongan, organisasi atau afiliasi sosial apapun. Kegiatan fardhu kifayah As-Sunnah Buntok hanya ittiba kepada Sunnah Rasulullah SAW.

Bagi yang berkeinginan mengetahui dapat menghubungi:
1. Haji Dedi Apandi di Masjid As-Sunnah Buntok atau rumah beliau di Jalan Veteran Buntok.
2. Haji Rismato di Masjid As-Sunnah Buntok atau telepon 081 230 94348


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KERIPIK JAMUR "KULAT KURIKIT"

Hukum Merayakan Hari Valentine bagi Umat Islam

SALUANG MUDIK